Cara Membuat Kertas Penghantar Listrik Dengan Conductive Ink

Cara Membuat Kertas Penghantar Listrik Dengan Conductive Ink



Kali ini ane bakalan nge-share cara membuat kertas penghantar listrik dengan conductive ink atau tinta konduktif. "Kertas penghantar listrik ? pasti mahal yah ngebuatnya ?" ga mahal kok gan bahkan barang-barangnya bisa agan dapat di dekat rumah agan atau mungkin ada di depan agan sendiri. "Wah masa sih ?" daripada kebanyakan nanya :v, nih tutorial pembuatan tinta konduktif.

Siapkan Alat & Bahan


Bahan :
1. Tinta hitam atau Cat hitam (cat air yang biasa dipake kalo menggambar)
2. Lem cair (Bukan Ehabond yah JANGAN!)
3. Arang (Ane saranin arang dari sisa pembakaran kayu, kalo dari tempurung ato yang lain ane belum pernah coba)

Alat :
1. Blender
2. Suntik penyedot

Gimana ? gak susah kan nyari bahan-bahannya ? dalam tutorial ini arang merupakan komponen utama, karena arang mengandung carbon yang membuat benda hitam imut ini menjadi konduktor yang bagus.
Tapi tidak semua arang adalah konduktor yang baik. "Loe-loe terus gimana ane bisa tau yang mana arang yang bagus buat dipakek ?" gampang gan, kalo agan anak elektro atau yang passionnya di elektronika pasti ada Multimeter kan ? cara agar mengetahuinya adalah agan tinggal memutar multimeter ke pengukuran resistor dan tempelin ke arang. kalo misalnya didapat lebih dari 100 ohm berarti itu ga terlalu bagus konduktivitasnya, tapi kalo dapat dibawah 100 ohm, nah dipertahankan gan. (Kayak agan mempertahankan pacar agan, tapi kalo ga ada mah an minta maaf kalo nyinggung :p) Udah kan ? kayaknya udah siap nih :v


Ok, siapkan alat dan bahannya kita meluncur di langkah pertama :

0. Minum dulu sedikit kopi yang agan buat (Abaikan kalo ga buat kopi)

1. Arangnya di patahin kecil-kecil panjangnya kira-kira kayak jari jempol agan lah atau kayak gambar dibawah lah kalo boleh. 

2. Berikan arangnya tempat tinggal (Masukkan arang di tupperware atau mangkuk atau apa kek).

3. Tambahin air sampai arangnya ga bisa bernapas. (sampai arangnya tenggelam) Menguap ga gan arangnya ? Kalo menguap berarti lanjut!! 

4. Siapin blender, terus taro arang beserta air didalam blender dan blender sampai arangnya memang jadi cair. (Kalo masih ada yang padat diblender lagi sampai memang mencair) 

5. Udah di blender ? Cool! sekarang taro arang yang sekarang menjadi air di suatu wadah. Lalu senter pakek flashlight di hape agan wadah tersebut dari atas sampe bawah wadah. 

6. Keliatan kan kalo masih ada kandungan air ? pake suntik penyedot buat menyedot air yang bercampur dengan cairan arang tersebut sampai tinggal sedikit. (Ga harus semua sih gan, tapi lebih bagusnya kalo airnya habis) 

7. Campurkan cairan tersebut dengan tinta dan lem cair yang sudah disiapkan (Kira-kira banyaknya boleh 3 sendok makan lah) terus aduk hingga serasa ketiga cairan ini saling menyatuh. 

8. Now you ready, silahkan agan gambar di kertas (terserah kertas apa) dan tes apakah tinta konduktif yang agan buat itu menghantar listrik.  


Jika bekerja, selamat agan baru saja ngebuat tinta konduktif agan sendiri dan pastinya kalo agan yang baca ini tertarik dengan dunia elektronika pasti udah banyak ide yang ada di kepala agan sekarang, Go Ahead Just Dont Fucked Up With Those Idea.
Makasih udah ngebaca tutorial ini kalo agan berkenan silahkan share artikel ini agar banyak juga yang mampir disini :).

Source :
Makerboat.com

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

[XSLeaks] Tracking User with Page Admin/Editor/Moderator roles on Third Party Website

Disclose the Facebook Learning Unit Group Insight